Friday, March 11, 2011

Ulil: Semua Menteri PKS Dipangkas

Minggu, 06/03/2011 16:24 WIB
Muhammad Taufiqqurahman - detikNews

Jakarta - Partai Demokrat (PD) menegaskan seluruh menteri dari PKS akan direshuffle oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di dalam kabinetnya. Gerindra dipastikan akan mendapatkan jatah menteri di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II.

"Seluruh menteri dari PKS akan dipangkas di dalam kabinet," ujar Ketua Pusat Pengkajian Strategi dan Kebijakan Partai Demokrat Ulil Absyar Abdalla.

Hal tersebut dikatakannya usai acara 'Persiapan Rekonsiliasi dan Rekonstruksi Bangsa dan Negara' di kantor PNBK, Jl Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Minggu (6/3/2011). Ulil menjelaskan, dalam koalisi pemerinatahan, anggota koalisi harus menjamin pemerintahan yang efektif.

"Pemerintahan tidak akan melaksanakan kebijakan dengan tenang karena selalu diterpedo. Ini harus diwaspadai," terangnya.

Terdepaknya PKS dari kabinet, menurut Ulil, dikarenakan partai tersebut menciptakan kondisi yang tidak stabil dalam pemerintahan.

"Golkar dan terutama PKS itu selalu mengganggu citra pemerintahan SBY yang seharusnya nasionalis, pro Bhinekka Tunggal Ika, dan Pancasila," kata Ulil.

Pada kesempatan itu, Ulil juga membenarkan peluang masuknya Gerindra dalam kabinet SBY. Namun Ulil tidak menyebut berapa jatah kursi yang didapatkan oleh Gerindra.

"Gerindra kemungkinan besar akan ditampung, dan keluarnya PKS," jelasnya.

(fiq/fay)

No comments: