Tuesday, June 01, 2010

PKS Usul Batasan PT Dikisaran 2,5- 5 persen

31/05/2010 - 17:08
Batasan Parliamentary Threshold Dinaikan

Mevi Linawati
Mahfudz Siddiq
INILAH.COM, Jakarta - PKS menilai wacana kenaikan Parlemeantary Treshold (PT) sebanyak 5 persen tidak ada masalah kalau dikomunikasikan terlebih dahulu. Karena itu PKS meminta pembahasan usulan PT itu dikisaran 2,5 - 5 persen.
"Kita ekplorasi saja. Kita berapapun persentase, kita sepakati dulu. 5 persen, 2,5 persen boleh. Menurut saya minimal 2,5 itu bagus. Idealnya range 2,5- 5 lah, kita bermain disitu," imbuh Ketua DPP PKS Mahfudz Siddiq di Gedung DPR, Jakarta, Senin (31/5).
Mantan Ketua Fraksi PKS ini menuturkan, hal tersebut belum dimulai dan baru wacana lepas. Menurut Mahfudz jika ingin menyederhanakan partai, maka pintu utamanya bukan pada PT. Tetapi lebih pada persyaratan ketat partai politik untuk bisa ikut pemilu.
Misalnya, anggota Komisi II DPR ini mengusulkan bahwa ketentuan partai ikut pemilu haruslah nasional. Dimana, kalau nasional maka mempunyai kepengurusan di pusat, propinsi dan kabupaten kota.
"Sehingga tidak semua partai ketika hari ini didirikan bisa ikut pemilu. Dia harus punya kepengurusannya, kalau lengkap baru," kata dia.
Kalau sudah diatur, menurut Mahfudz, penerapan PT harus konsisten. Dimana partai yang tidak lolos jangan masih pakai nama yang sama. [mvi/jib]

No comments: