Monday, June 14, 2010

PKS Dianggap Merapat ke Amerika

Partai Keadilan Sejahtera/TEMPO/Gunawan Wicaksono
TEMPO Interaktif, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera akan menggelar musyawarah nasional kedua di Hotel-Ritz Carlton. PKS akan mengundang Duta Besar Amerika Serikat, Cameron R. Hume, sebagai pembicara. Tak hanya itu. Panitia munas juga akan menggelar lomba menulis surat kepada Presiden Amerika Barack Obama.

Kalangan pengamat politik membaca gerak PKS merapat ke Amerika sebagai upaya mengubah citra. Arbi Sanit, pengamat politik dari Universitas Indonesia, menilai PKS tengah berupaya mengubah citra untuk memperluas dukungan karena selama ini pemilihnya masih terbatas. "Ini manipulasi untuk mengakali sikap pemilih pada 2014," ujar Arbi kemarin.

Pengamat politik dari Center for Strategic and International Studies, J. Kristiadi, juga menilai PKS tengah mengubah strategi untuk memperluas konstituennya. "Biar bisa diterima masyarakat lebih luas, termasuk yang non-Islam," kata Kristiadi.

Namun Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKS Mahfudz Siddiq membantah anggapan soal agenda terselubung partainya untuk bermesraan dengan Amerika. "Kami ingin tahu sikap Obama terhadap Islam," kata Mahfudz soal alasan mengundang Cameron R. Hume.

ARYANI K | MUNAWWAROH

No comments: