Thursday, February 04, 2010

Pansus Siapkan 11 Agenda Jelang Rekomendasi

Pansus Siapkan 11 Agenda Jelang Rekomendasi
Mevi Linawati

(inilah.com/Wirasatria)
INILAH.COM, Jakarta - Pansus Hak Angket Bank Century menyiapkan 11 agenda pansus menjelang masa rekomendasi pansus. 11 agenda tersebut telah disepakati dalam rapat pimpinan Pansus.
Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Pansus Hak Angket Bank Century Mahfudz Siddiq usai rapim pansus Century di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (3/2).
Pertama pemutaran rekaman, besok Kamis (4/2). Rekaman ini dibuka untuk mengetahui konstruksi hukum masalah ini secara utuh dan lengkap, karena transkrip hanya bersifat kutipan.
Ada 3 rapat, 1 rekaman Rapat Dewan Gubernur (RDG) 13 November 2008 soal FPJP, 20 November 2008 penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik, dan rapat KSSK 20-21 November 2008 soal penyelamatan Bank Century.
"Minimal itu yang kita putar karena rekamannya sangat banyak, namun waktunya tidak mungkin," kata Mahfudz.
Kedua, rapat konsultasi dengan KPK (4/2). Ini terkait permintaan rekaman KPK kepada pansus untuk penyelidikan. Pansus juga ingin mengetahui posisi penyelidikan di KPK.
Ketiga, penyampaian pandangan awal fraksi menyangkut akuisisi merger, FPJP dan PMS tanggal 8 Februari. Penyampaiaan ini tidak dibahas, hanya penyampaian saja.
Keempat, rapat konsultasi dengan PPATK dan BPK, tanggal 9 Februari.
Kelima, rapat pemeriksaan aliran dana tanggal 10-11 Februari. Yang dipanggil adalah dari pihak komisioner LPS bersama dengan Ketua Eksekutif LPS, manajemen Bank Mutiara, Direksi BUMN dan yayasan kesejahteraan karyawan BI, nasabah atau deposan yang dicurigai menerima dana ilegal.
Keenam, investigasi lapangan, tanggal 12-14 Februari. Sudah diinventarisir ke beberapa daerah seperti ke Makasar, Jabodetabek, Palembang, Surabaya, Medan dan Semarang.
Ketujuh, pandangan fraksi soal kesimpulan dan rekomendasi diserahkan kepada pansus. "Namun ini masih versi pansus pada tanggal 15 Februari," kata Mahfudz.
Kedelapan, pembentukan tim kecil yang membahas pandangan-pandangan fraksi pada 16- 20 Februari. Kesembilan pleno pansus, membahas kesimpulan pansus dan rekomendasi akhir pada tanggal 22- 23 Februari.
Kesepuluh penyampaian laporan pansus ke pimpinan DPR dan Bamus pada tanggal 25 Februari. "Kesebelas, penyampaian laporan akhir pansus ke DPR dan pengambilan kesimpulan oleh DPR pada tanggal 2 Maret," kata Mahfudz. [mvi/bar]

1 comment:

Anonymous said...

JELANG REKOMENDASI, PANSUS HANYA BUTUH 1 AGENDA SAJA !

Ass. Bagi kami orang awam, sebenarnya pansus Century hanya butuh 1 agenda saja.
Undang Uya Kuya. Suruh dia hipnotis Boediono, Sri Mulyani, Marsilam, Ketua LPS, dll. Supaya mereka ngaku tentang kebenaran !

Gitu aja kok repot