Thursday, February 25, 2010

Pansus Sepakati Susun Kesimpulan Akhir Bersama

25/02/2010 
Pansus Sepakati Susun Kesimpulan Akhir Bersama
Fidela Hasworini
Mahfud Shiddiq
(inilah.com)
INILAH.COM, Jakarta - Pansus Century menyepakati cara penyampaian kesimpulan akhir Pansus pada sidang paripurna mendatang. Kesimpulan dibuat sesuai dengan pengelompokan pandangan akhir antar tiap fraksi partai di Pansus.
"Nah yang tadi kita sepakati yakni format laporan pansus, per topik yang nanti akan disampaikan ke bamus dan paripurna," ujar salah satu pimpinan pansus fraksi PKS, Mahfud Shiddiq saat mengadakan pertemuan dengan perwakilan anggota pansus di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (25/2).
Keseluruhan anggota pansus menginginkan penyusunan kesimpulan ini dibuat agar mampu mencakup keseluruhan pandangan antar fraksi secara utuh meskipun banyak perbedaan pandangan di dalamnya. "Karena ada perbedaan pandangan antar fraksi termasuk kesimpulan dan rekomendasi maka semua pandangan yang sama dan beda nanti akan diformulasikan secara utuh," terang mantan Ketua Fraksi PKS ini
Mahfudz sempat menggambarkan bagaimana kesimpulan dibuat. Seperti, beberapa fraksi yang berpandangan sama akan disebut bersamaan pada setiap topik permasalahan. Sehingga dibuat berdasar topik kesimpulan, yang sama dapat disimpulkan berdasarkan topik pemeriksaan.
"Misal soal merger, semua fraksi mengatakan ada pelanggaran perundangan di tingkat kebijakan dan pelaksanaan. Nanti rinciannya kita lampirkan, dan beberapa pelanggaran detil akan kita sampaikan dalam lampiran," papar Mahfudz.
Ia membantah jika rapat yang dilakukan tertutup ini dimaksudkan untuk melobi anggota pansus agar melunak. "Kita tidak bicara substansi lagi karena sudah disepakati masing-masing fraksi," tandas Mahfudz. [jib]

No comments: