Monday, February 08, 2010

Fraksi-fraksi Nyatakan Sikap Siang Ini

DARMIN DIPERIKSA PANSUSSeluruh fraksi di DPR, siang ini, akan menyampaikan sikap dan pandangannya atas skandal Bank Century melalui  Rapat Internal Pansus. Meski tinggal beberapa jam lagi, para utusan fraksi di Pansus Angket sejauh ini belum berkenan membocorkan detil dari sikap fraksinya.
Aziz Syamsuddin dari Fraksi Golkar dan Mahfudz Siddiq  dari PKS yang dihubungi matanews secara diplomatis mengatakan, kurang etis kalau membocorkan ke publik sebelum dibawa ke forum. “Sabar sajalah beberapa saat lagi,” elak Aziz.
Nada serupa juga diungkapkan Mahfudz Siddiq. “Ntar siang kan kita beberkan semua. Tak ada yang rahasia setelah disampaikan di forum resmi,” tampiknya secara halus.
Namun, dari serangkaian percakapan matanews dengan sejumlah anggota Pansus lainnya tersirat bahwa fraksi-fraksi akan menekankan sikapnya pada pihak yang paling bertanggung jawab atas terjadinya skandal tersebut. “Bank Indonesia menjadi pihak yang paling bertanggung jawab,” ungkap seorang anggota Pansus.
Anggota Pansus lainnya menambahkan, lembaga lain yang harus bertanggung jawab adalah Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). “Sikap itu diambil berdasarkan pemeriksaan saksi dan dokumen proses merger dan akuisisi Bank Century hingga pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek dan bail out,” sebut anggota pansus yang menolak nama dan fraksinya dipulikasikan sementara ini. (*edy/ham)

No comments: