Thursday, June 12, 2008

PKS: SKB Ahmadiyah Solusi Terbaik

PKS: SKB Ahmadiyah Solusi Terbaik

INILAH.COM, Jakarta – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menganggap Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Ahmadiyah merupakan solusi terbaik. Namun, apa pun arah kebijakan yang diambil pemerintah terkait dengan masalah Ahmadiyah selalu berpotensi memicu konflik.


"Apa pun yang diputuskan pemerintah (terkait masalah Ahmadiyah), itulah yang sementara ini dianggap yang terbaik," kata Ketua Fraksi PKS DPR Mahfudz Siddiq di Jakarta, Selasa (10/6). Ia menanggapi keluarnya SKB tentang peringatan dan perintah kepada penganut, anggota, dan/atau anggota pengurus Jemaat Ahmadiyah Indonesa (JAI).


Menurut dia, jika pemerintah bersikap tegas membubarkan Ahmadiyah, maka hal itu bisa menimbulkan resistensi besar dari para pendukung Ahmadiyah. Sebaliknya, dengan mengambangkan keputusan seperti yang dilakukan Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri dan Jaksa Agung saat ini juga menyimpan potensi konflik tersendiri.


Oleh karena itu, katanya, masyarakat perlu mengawasi kelanjutan

dari SKB yang diumumkan Menteri Agama Maftuh Basyuni hari Senin (9/6). "Jika nanti ternyata ada hal-hal yang dilanggar dari SKB tentang Ahmadiyah itu, maka akan ada delik yang bisa digunakan secara hukum untuk membubarkan Ahmadiyah," katanya.


Dia menjelaskan semua pihak, seperti polisi, organisasi keagamaan, dan masyarakat umum, perlu bersama-sama menjadi pengawas atas berbagai aktivitas pengikut Ahmadiyah. Mahfudz yakin, pemerintah tidak segan menindak lebih tegas pengikut Ahmadiyah jika mereka kembali membuat resah masyarakat.


Hal terpenting yang bisa dilakukan masyarakat saat ini, katanya, adalah mencari jalan tengah atas masalah yang muncul dan

menyerahkan semua penyelesaian kepada pemerintah. "Karena pemerintah sudah mengambil keputusannya, maka itulah yang harus kita hormati bersama," katanya. [P1]


[ Kirim ke teman ]

No comments: