Tuesday, June 17, 2008

PKS Pertahankan Muka Lama Dalam Pileg 2009

PKS Pertahankan Muka Lama Dalam Pileg 2009
Selasa, 17 Juni 2008 - 06:10 wib

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mempertahankan wajah lama dalam penyusunan daftar calon legislatif (caleg) Pemilu 2009. Rencananya, sekitar 90% anggota Fraksi PKS di DPR akan dicalonkan kembali.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Raziqun menyatakan, masalah umur yang masih muda dan masa menjabat menjadi alasan di balik pencalonan tersebut.

"Mereka masih muda dan ada pada kisaran 40 tahunan dan rata-rata baru menjabat satu kali. Saya rasa itu menjadi alasan yang tepat untuk mencalonkan mereka kembali," terangya, Senin (16/6/2008).

Dia menilai rekam jejak anggota FPKS relatif bersih. Terlebih di internal PKS tak ada aturan mengenai pembatasan periodesasi masa jabatan sebagai anggota DPR. Meski demikian, pihaknya juga menekankan tak akan ada caleg yang berlama-lama menjadi anggota DPR.

"Saya yakinkan hanya ada satu dua orang saja yang akan menjabat lebih dari dua kali. Kita akan melihat kompetensi, kontribusi dan rekam jejaknya," tukasnya.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS Mahfudz Shiddiq mengatakan, pihaknya akan melakukan dua mekanimse seleksi terhadap anggota FPKS. Menurut dia, DPP akan melakukan evaluasi terhadap kinerja anggota FPKS di DPR. Nah, bagi kader yang dianggap kinerjanya bagus peluang dicalonkan semakin besar.

Mekanisme kedua melalui pengusulan dari daerah pemilihan (dapil). Selama ini konstituen PKS di setiap dapil melakukan penilaian terhadap wakilnya di DPR. Salah satu poin yang dinilai yakni kontribusi mereka dalam mengawal aspirasi. Berdasarkan, evaluasi sementara, anggota FPKS memenuhi kualifikasi untuk dicalonkan kembali.

"Tetapi pengumuman resminya akan disampaikan dalam Mukernas di Makassar, 14-16 Juli mendatang," ujar Ketua FPKS DPR ini. (Ahmad Baidowi/Sindo/fit)

No comments: