Monday, June 02, 2008

PKS Buka Peluang Koalisi Pilpres

PKS Buka Peluang Koalisi Pilpres
Samsul Maarif

Mahfudz Siddiq
INILAH.COM, Jakarta - PKS tidak menutup mata akan berkoalisi dengan parpol lain dalam Pilpres 2009. Namun, keputusan itu masih akan menunggu hasil pelaksanaan pemilu legislatif.

"Saat ini masih belum ada rencana untuk konsolidasi, tunggu hasil dari Pemilu Legislatif saja nanti," jelas Ketua DPP PKS Mahfudz Siddiq kepada INILAH.COM di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (30/5).

Langkah ini menurutnya akan diambil bila syarat pengajuan capres ditingkatkan menjadi 30 persen. Sekadar diketahui, dalam pembahasan RUU Pilpres di DPR berkembang usulan agar parpol yang mengajukan capres sedikitnya memperoleh 30 % suara dalam pemilu legislatif.

Fraksi PKS, lanjut dia, tetap mengusulkan parpol yang meraih 20 persen suara dapat mengajukan capres. Sebab, dengan begitu akan banyak tokoh baru yang akan meramaikan pilpres. "Saat ini banyak calon lama yang masih ingin maju, sedangkan kita menginginkan regenerasi," kata Mahfud.

Selain itu, alasan Mahfud, usulan tersebut diharapkan bisa menekan tingkat perilaku masyarakat yang sering berubah-ubah. Baik di tingkat Pemilu legislatif maupun pada Pilpres.

"Jika pada putusan DPR nantinya menetapkan suara 30 persen maka PKStidak menutup kemungkinan untuk mengadakan konsolidasi dengan partai-partai yang lain," tegasnya.[L4]

[ Kirim ke teman ]

No comments: