Wednesday, August 04, 2010

Petinggi PKS Mulai Fasih Bahasa Gaul

Tribunnews.com - Selasa, 3 Agustus 2010 20:47 WIB
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasanuddin Aco

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Keinginan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengubah citra dari stigmatisasi sebagai partai "kanan" yang ekslusif dan menganut paham Islam "konservatif" menjadi partai moderat yang nasionalis tampaknya mulai dipraktikkan dalam keseharian. Misalnya, para kader PKS kini mulai menggunakan istilah "gaul" yang selama ini nyaris tak pernah dilakukan para petingi PKS.

Dalam pesan singkat (SMS) kepada Tribunnews.com, Selasa (3/8/2010) pagi, Wakil Sekretaris Jenderal PKS Mahfudz Siddiq mulai fasih menggunakan bahasa gaul.

Inilah SMS dari Mahfudz Siddiq:
"Bro and Sis: Ramadhan akan tiba. 65 tahun silam tepat 8 Ramadhan. Kemerdekaan bangsa dan negara ini diproklamirkan dengan pekik Takbir dan Merdeka. Siklus satu negara akan berakhir. Bangsa ini menanti generasi pelanjut. Pemilik semangat juang dan bekerja sebagai ibadah. Peduli sesama, dan mendedikasikan nilai dirinya untuk kemaslahatan orang banyak.

Marhabah Yah Ramadhan dan Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-65. Mohon maaf atas kesalahan dan terima kasih atas jalinan persahabatan".

SMS yang diawali dengan penyebutan "Bro and Sis" tersebut baru kali ini dikirimkan oleh Mahfudz Siddiq kepada wartawan, termasuk Tribunnews.com. Selama ini para kader PKS biasanya menggunakan kata-kata formal untuk menyapa seseorang, misalnya, dengan menyebut saudara atau saudari.

Keinginan PKS untuk berubah menjadi partai yang lebih gaul lagi juga bisa dilihat dari sebuah blog yang entah resmi atau tidak tapi bisa dilihat pada http://pks-gaul. blogspot.com/. Di blog ini tertulis bahasa gaul ala PKS serta sosialisasi PKS menjadi partai lebih moderat.

Keinginan PKS untuk menjadi partai yang lebih moderat memang sebelumnya sudah dimulai sejak Musyawarah Nasional (Munas) II PKS pada 16 Juni 2010 lalu. Sepertinya, hal ini diserapi para kader PKS dengan mengimplementasikan bahasa gaul dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga petinggi PKS sekaliber Mahfudz Siddiq pun menyapa kawannya dengan penyebutan "Bro and Sis".(*)

No comments: