Monday, August 23, 2010

Mahfudz Siddiq Resmi Menjabat Ketua Komisi I DPR

Senin, 23 Agustus 2010 - 13:09 wib
Ferdinan - Okezone


JAKARTA - Wakil Ketua Komisi DPR Priyo Santoso hari ini melantik Mahfudz Siddiq sebagai Ketua Komisi I DPR yang baru. Mahfud menggantikan posisi rekan separtainya, Kemal Azis Stamboel.
“Kami sudah mendapat surat pergantian dari fraksi PKS, kini pergantian dapat dilaksanakan,” kata Priyo saat memimpin penetapan Ketua Komisi I di Gedung Nusantara III, DPR, Jakarta, Senin (23/8/2010).

Sebelumnya, penolakan terhadap Mahfud mengemuka. Beberapa anggota Komisi I menilai Mahfud tidak mumpuni memimpin komisi yang membidangi pertahanan, urusan luar negeri, dan komunikasi informatika.

Susunan pimpinan Komisi I yakni Wakil Ketua diduduki oleh Hayono Isman dari Fraksi Partai Demokrat, Agus Gumiwang Kartasasmita dari Fraksi Partai Golkar, dan TB Hasanuddin dari fraksi PDI Perjuangan.

Sebelumnya, PKS melakukan pergantian atau rotasi pimpinan komisi di DPR termasuk merotasi Ketua Komisi I yang diduduki Kemal Azis Stamboel.

Sempat ada “aksi” dari anggota Komisi I DPR untuk mempertahankan Kemal Azis sebagai Ketua. Sekira 25 anggota Komisi I melayangkan mosi untuk mempertahankan Kemal tetap berada di posisinya.

Mereka menganggap Kemal mampu berjiwa mumpuni dan enak diajak berbicara untuk menyatukan para anggota Komisi I, mengingat di komisi ini banyak diduduki oleh orang baru.
(lsi)

No comments: