Monday, August 23, 2010

Keamanan Laut Lemah Indonesia Merugi Rp 152 T

Tribunnews.com - Sabtu, 21 Agustus 2010 11:58 WIB

"Penyelundupan pasir kita dirugikan 72 triliun rupiah, penyelundupan BBM melalui laut negara rugi 50 triliun rupiah, Illegal Logging 30 triliun rupiah. Ini angka yang tidak main-main hampir seperempat APBN, "

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Akibat lemahnya masalah keamanan di laut, Indonesia dirugikan sebesar Rp 152 triliun. Hal itu akibat adanya pengambilan sumber daya alam nusantara seperti illegal logging, penambangan pasir illegal dan penyelundupan BBM melalui laut.

"Penyelundupan pasir kita dirugikan 72 triliun rupiah, penyelundupan BBM melalui laut negara rugi 50 triliun rupiah, Illegal Logging 30 triliun rupiah. Ini angka yang tidak main-main hampir seperempat APBN, " ujar Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Mahfudz Siddiq saat acara diskusi polemik bertajuk "Serumpun Tapi Tak Rukun" di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (21/8/2010).

Karena itulah Mahfudz meminta masalah-masalah yang ada kaitannya dengan keamanan laut dan maritim harus dibenahi kembali.

Sementara itu, Direktur The National Maritim Institute, Siswanto Rusdi mengatakan, harus ada perubahan pola pemikiran, dimana selama ini banyak masyarakat yang berpikiran masalah daratan yang paling penting dari maritim.

"Harus ada perubahan pemikiran dari daratan ke maritim, " tandasnya.

Penulis : Willy_Widianto
Editor : johnson_simanjuntak

No comments: