Monday, August 23, 2010

Masyarakat Daerah Belum Paham Peranan Pers

Pembunuhan Wartawan MNC
MA Hailuki
(inilah.com/Agus Priatna)

INILAH.COM, Jakarta - Maraknya pembunuhan terhadap insan pers dikarenakan beberapa penyebab. Salah satunya belum pahamnya masyarakat tentang mekanisme pemberitaan.

Anggota Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan masyarakat perlu sosialisasi tentang mekanisme pemberitaan yang ada. Selain itu, budaya masyarakat juga belum bisa mengimbangi era keterbukaan pers saat ini.

"Masyarakat perlu disosialisasikan bahwa jurnalis dalam menjalankan tugasnya dilindungi oleh undang-undang, jika ada pemberitaan yang tidak tepat bisa diselesaikan sesuai mekanisme yang ada," ujar Mahfudz kepada INILAH.COM Sabtu (21/8).

Faktor penyebab lainnya menurut Mahfudz adalah lemahnya perlindungan aparat keamanan terhadap para jurnalis dalam menjalankan tugas peliputan.

"Di sisi lain, pers juga perlu melakukan evaluasi dan meningkatkan profesionalitas agar tidak menimbulkan ekses di masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Ridwan Salamun wartawan SUN TV (group MNC), Wilayah Tual Maluku Tenggara, tewas saat meliput tawuran warga, Sabtu (21/8). saat itu Ridwan sedang meliput bentrokan antara warga komplek Banda Eli dan warga dusun Mangun, Desa Fiditan, Tual. Salah satu kelompok warga yang bertikai mendatangi Ridwan dan mengroyoknya hingga tewas. [mah]

No comments: