Tuesday, August 24, 2010

DPR Panggil Menlu

Hubungan Ri-Malaysia

Laporan wartawan KOMPAS.com Inggried Dwi Wedhaswary
Senin, 23 Agustus 2010 | 13:57 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pertahanan dan Luar Negeri (Komisi I) DPR menjadwalkan rapat kerja dengan Menteri Luar Negeri pada Selasa (24/8/2010) besok. Rapat akan secara khusus membahas persoalan hubungan Indonesia dan Malaysia yang memanas dalam dua pekan terakhir.

Penangkapan tiga pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan oleh Polisi Diraja Malaysia dinilai sebagai persoalan yang serius. "Besok kami mengundang Kementerian Luar Negeri dan tengah mengupayakan juga menghadirkan tiga petugas KKP agar mendapat penjelasan dari keduanya," kata Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq, seusai rapat internal komisi di Gedung DPR, Jakarta, Senin (23/8/2010).

Pemerintah harus mampu menjelaskan upaya diplomasi yang telah dilakukannya. Sebab, dalam kasus dengan Malaysia, pemerintah dinilai memiliki posisi yang lemah. "Secara makro, kasus ini harus jadi momentum untuk membedah masalah kebijakan dan manajemen pengelolaan daerah perbatasan," ujar anggota Fraksi PKS ini.

Ke depannya, akan dibahas apakah perlu dibentuk panitia kerja khusus yang membahas wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. Sedangkan secara mikro, Dewan berpandangan kasus dengan Malaysia harus dituntaskan.

Mengenai adanya wacana interpelasi terkait sikap pemerintah terhadap Malaysia, Mahfudz mengatakan, tak perlu direspons terburu-buru. DPR dalam posisi mengumpulkan berbagai informasi mengenai peristiwa itu.

No comments: