Monday, May 19, 2008

Usul Bubarkan KPK, Ketakutan Elit Politik

Usul Bubarkan KPK, Ketakutan Elit Politik
CIREBON-Perseteruan antara lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan DPR RI terus bergulir. Perseturan itu dipicu dengan adanya penolakan dari DPR RI atas keinginan KPK yang ingin memeriksa ruang kerja anggota DPR RI Al Amin Nasution. Bahkan sejumlah anggota DPR RI mewacanakan agar KPK dibubarkan saja karena terkesan arogan.
Menanggapi hal tersebut Ketua FPKS DPR RI Drs H Mahfudz Siddiq MSi mengatakan, fraksinya tidak keberatan atas tindakan KPK yang ingin memeriksa gedung DPR RI.
“Namun mungkin yang perlu dilakukan adalah adanya komunikasi dan koordinasi yang baik antar kedua lembaga sebelum melakukan pemeriksaan agar jangan sampai terjadi kesalahpahaman,” katanya kepada sejumlah wartawan di rumah makan Saung Geulis, Minggu (27/4).
Sebab, sebagai lembaga yang memiliki kewenangan untuk melakukan penyidikan terhadap tindak pidana korupsi, KPK berhak melakukan penyelidikan terhadap siapapun termasuk anggota DPR RI yang dicurigai melakukan tindak pidana korupsi tanpa izin terlebih dahulu seperti melakukan penyadapan dan pengintaian. Menurutnya, isu pembubaran KPK karena adanya ketakutan dan kecemasan dari para elit politik terhadap lembaga yang dipimpin oleh Antasari Azhar tersebut. “Saya berharap persoalan ini bisa tanggapi dengan bijak dan jangan sampai dengan adanya kemelut terhadap dua lembaga tersebut persoalan ini menjadi sumir,” tegasnya.
Saat ditanya mengenai adanya wacana pembubaran terhadap KPK, FPKS tidak menyetujui wacana tersebut. Hal ini disebabkan selama ini KPK terbukti efektif untuk menindak tindak pidana korupsi di Indonesia. Selain itu, KPK belum berhasil mengembalikan uang negara yang dibawa kabur oleh koruptor. “Bahkan hingga saat ini biaya operasional KPK lebih besar dari uang yang telah berhasil dikembalikan oleh negara,” ujarnya. (mam)

2 comments:

infogue said...

Artikel di Blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca.Anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di Infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin/widget.Kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.Salam Blogger!!!
http://www.infogue.com/
http://politik.infogue.com/
http://politik.infogue.com/usul_bubarkan_kpk_ketakutan_elit_politik

Anonymous said...

cuma orang bego yang bilang biaya operasional KPK lebih besar dari dana yang berhasil dikembalikan.....soooooo stupid.....