Wednesday, May 21, 2008

PKS Punya Banyak Stok Capres

PKS Punya Banyak Stok Capres

TEMPO Interaktif, Senin, 19 May 2008 | 17:10 WIB

:Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Mahfudz Siddiq mengatakan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla gagal menuntaskan agenda besar langkah kebangkitan bangsa. "Sehingga konsolidasi demokrasi tidak berjalan," katanya kepada wartawan di gedung MPR/DPR, Senin (19/5).

Penyebabnya, kata dia, alpanya pemerintahan yang kuat dan desisif. " Bobot, peran, dan fungsi kepemimpinan tidak bisa dikelola secara maksimal," kata dia.

Meski sudah 10 tahun reformasi, kata dia, belum banyak pencapaian pemerintah. Dalam bidang politik, penyeimbangan relasi cabang kekuasaan lembaga negara tidak berhasil, sistem birokrasi belum tertata, dan budaya politik belum terbentuk.

Kondisi perekonomian juga tak maju. Elit konglomerasi masih menguasai kue ekonomi nasional. Akibatnya, kata dia, masyarakat kecil tak menikmati perputaran ekonomi. Mahfudz menyatakan ada dua kendala yaitu menguatnya peran dan dominasi pelaku ekonomi dunia dan melemahnya pemberdayaan UKM.

Bidang hukum, kata dia, ada beberapa kendala yaitu ketidaksiapan sistem dalam mengimplementasi peraturan dan proses hukum masih terdistorsi.

Eko ari wibowo

No comments: