Monday, May 19, 2008

FPKS: Sidang MPR Bahas BBM Itu Lucu

FPKS: Sidang MPR Bahas BBM Itu Lucu
Senin, 19 Mei 2008 - 15:43 wib
Anggi Kusumadewi - Okezone

JAKARTA - Fraksi PKS menyatakan tidak sepaham dengan usulan Fraksi PDIP untuk menggelar sidang istimewa MPR guna membahas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Bagaimanapun ide sidang istimewa ini lucu. Mungkin Mas Tjahjo atau PDIP (pengusul sidang MPR) sedang mengoda Pak Hidayat," kata Ketua Fraksi PKS Mahfud Sidik, di ruang Fraksi PKS, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/5/2008).

Menurutnya, MPR tidak memiliki kewenangan untuk menggelar sidang istimewa yang mengangkat suatu isu spesifik semacam kenaikan harga BBM.

"Bahkan kalau mau jujur dan objektif jangankan MPR, DPR pun sesungguhnya juga tidak dibutuhkan persetujuannya atas rencana pemerintah menaikkan harga BBM dalam negeri ini," tambahnya.

Dikatakannya, kenaikan harga BBM sesungguhnya bukan hal yang mengejutkan. Sesuai pasal 14 UU APBNP, jika harga minyak dunia di atas USD100, maka pemerintah bisa mengambil kebijakan-kebijakan dan solusi terhadap persoalan itu.

"Jadi, PKS tidak akan memberikan sikap politik resmi atas kenaikan harga BBM karena terikat UU APBNP," tandasnya.

Meski demikian, satu hal yang menurutnya patut disesali ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memilih opsi menaikkan harga BBM sebagai solusi kenaikan harga minyak dunia itu.

Padahal ketika menghadiri Milad ke-10 PKS di Gelora Bung Karno beberapa waktu lalu, SBY sudah berjanji akan mencari opsi-opsi alternatif menyikapi lonjakan harga minyak dunia. "Tapi besoknya rapat kabinet menyatakan pemerintah menaikkan BBM. Jadi upaya pencarian opsi tidak sampai 24 jam," sesalnya. (pie)

No comments: