Wednesday, April 29, 2009

PKS Susun Jadwal Pertemuan dengan Tim 9

PKS Susun Jadwal Pertemuan dengan Tim 9
By Republika Newsroom
Selasa, 28 April 2009 pukul 17:27:00
JAKARTA—Tim 5 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sedang menyusun jadwal perbincangan dengan Tim 9 Partai Demokrat (PD) guna memastikan penyatuan kedua partai untuk koalisi 2009-2014.“Sudah ada kontak dengan Tim 9, tinggal menyusun jadwal. Insya Allah dalam hari-hari ke depan ini,” ujar Ketua DPP PKS, Mahfudz Siddiq, di gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/4).

Mahfudz menjelaskan, pembicaraan dengan Tim 9 bertujuan untuk menjalankan amanah musyawarah majelis syura yang memutuskan agar PKS menjalin koalisi dengan PD.

Koalisi PKS dan PD, lanjut Mahfudz, akan benar-benar terwujud apabila Tim 5 dan Tim 9 serta mitra koalisi lainnya menyetujui kontrak politik yang disusun bersama. Kontrak itu digunakan untuk dasar pijakan kinerja koalisi selama lima tahun ke depan.“Koalisi dengan Demokrat memang diberi syarat untuk dituangkan dalam kontrak politik bersama. Ini amanah majelis syura,” jelas Mahfudz.

Dikatakan, pembicaraan kesepahaman koalisi dan penyusunan redaksional kontrak politik memang tidak hanya terfokus pada Tim 5 PKS dan Tim 9 PD. Namun untuk mengawali penyusunan platform koalisi, pembicaraan antara PKS dan PD tetap harus dilakukan.“Nanti setelah koalisinya sudah ketahuan ada siapa saja, barulah dibicarakan lagi bersama-sama.”

Dengan pandangan yang demikian, Mahfudz menambahkan, bukan kewenangan PKS untuk menolak atau menyetujui parpol mana yang akan berkoalisi dengan PD, termasuk Partai Golkar (PG).

PKS tidak punya masalah dengan adanya keinginan PG untuk kembali berkoalisi dengan PD, kendati keputusan Rapimnasus PG sudah menyatakan PG akan mengusung calon presiden sendiri.“Keputusan majelis syura adalah berkoalisi dengan SBY dan Demokrat, tidak diberi syarat unsur-unsur koalisi lainnya. PKS jelas menghormati dinamika yang terjadi di internal Golkar,” papar Mahfudz. ade/kpo

No comments: