Monday, April 27, 2009

PKS Menyerahkan Cawapres pada SBY

PKS Menyerahkan Cawapres pada SBY
26/04/2009 - 11:09
Firmansyah Abde

INILAH.COM, Jakarta - Meski rasionalnya cawapres SBY berasal dari PKS, namun PKS menyerahkan semua keputusannya kepada SBY. Terserah SBY mau pilih siapa dan dari parpol mana.
"Kami tidak akan menyodorkan nama. Kami akan menyerahkan sepenuhnya kepada Pak SBY. Bila ada kebutuhan dari parpol lain, terserah. Yang penting calon tersebut melepaskan ikatan kepentingan partai, struktural dan fungsional. Nantinya akan mengikat. Bila ada sesuatu, tetap konstalasi tidak akan berubah," kata Ketua FPKS Mahfudz Shiddiq saat rehat Musyawarah Majelis Syura di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (25/4).
Mengenai kriteria cawapres SBY, menurut Mahfudz, SBY melontarkan 5 kriteria. Sebenarnya nama-namanya sudah ada di benak SBY, hanya saja tidak dikatakan SBY. Bila SBY meminta nama dari PKS, maka akan disebutkan Minggu besok jika diputuskan Majelis Syura, PKS akan berkoalisi dengan Demokrat.
Mengenai persiapan Tim 5 PKS tentang konsep kontrak politik yang dibicarakan dengan Tim 9 Demokrat, tutur dia, dari pembicaraan sejauh ini tidak banyak. Namun secara prinsip bisa dipahami dan diterima. Lalu masih perlu diformulasikan secara khusus dan perlu manajemen koalisi.
"Rencana ini bukan hanya PD-PKS. Koalisi dengan PD sejauh ini pasti adalah PKB. Nantinya apa yang disepakati PD-PKS harus disepakati juga oleh partai lain yang berkoalisi dengan PD dan sebaliknya. Cawapres harus dibicarakan seluruh partner koalisi. Posisi PKS menyerahkan posisi cawapres ke SBY karena selaku capres, sudah diserahkan kepadanya," jelas Mahfudz. [sss]

No comments: