Tuesday, January 20, 2009

PKS: Usut Peran Israel di Plumpang

Politik
19/01/2009 - 10:16
PKS: Usut Peran Israel di Plumpang
Raden Trimutia Hatta

INILAH.COM, Jakarta - Analisis pengamat intelijen AC Mannulang yang mencurigai adanya peran intelijen Israel (Mossad) dalam terbakarnya Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Minggu (19/1) malam, patut diselidiki. Hal ini mengingat gelombang aksi penolakan terhadap agresi Israel ke Palestina di Indonesia cukup besar.

"Saya kira analisis Pak AC Mannulang lebih menarik untuk diungkap. Sebagai orang intelijen dia pasti punya bukti. Jadi bagus juga kalau bukti-buktinya itu diungkapkan. Apakah berkaitan dengan reaksi keras dari Indonesia terhadap Israel belakangan ini atau tidak," ujar Ketua DPP PKS Mahfudz Siddiq, kepada INILAH.COM, di Jakarta, Senin (19/1).

Mahfudz menyatakan, pemerintah wajib mengusut tuntas kasus tersebut. Sebab, hal itu sangat berpotensi untuk menjatuhkan kredibilitas Susilo Bambang Yudhoyono yang baru saja menurunkan harga BBM untuk ketiga kalinya.

"Memang kalau dilihat bahwa sebelumnya terjadi problem distribusi BBM, terjadi kelangkaan hingga kebakaran di Plumpang seperti ada sebuah skenario. Jadi ini patut diseriusi, apakan kecelakan atau ada unsur sabotase. Kalau tidak ini akan menimbulkan pepecahan," katanya.

Mahfudz menduga, motif di balik terbakarnya Depo Petamina Plumpang untuk mengganggu stabilitas dari segala bidang. Apabila hal yang sama ternyata terjadi kembali, artinya memang ada target yang serius dari pelaku aksi. "Pihak intelijen harus mengungkap kasus ini dan menangkap siapa dalang di balik ini semua," pungkasnya. [mut/nuz]

No comments: