Monday, January 05, 2009

PKS Nilai Hasil Survei Tak Sesuai Kenyataan

PKS Nilai Hasil Survei Tak Sesuai Kenyataan

Minggu, 04 Januari 2009 | 20:06 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta :Ketua Tim Politik Pemenangan Pemilu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mahfudz Siddiq menilai hasil jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menempatkan Partai Demokrat sebagai partai terbersih belum tentu mencerminkan realitas di tubuh partai. "Saya tidak melihatnya seperti itu," katanya saat dihubungi Tempo, di Jakarta, Minggu (04/01).

Demokrat menempati urutan tertinggi sebagai partai yang dianggap paling bersih karena buah iklan partai tersebut yang sangat gencar. Belakangan ini, kata Mahfudz, Partai Demokrat memasang iklan anti korupsi di berbagai media cetak dan elektronik sehingga memengaruhi persepsi pemilih. "Jadi lebih karena iklan, bukan karena track record partainya," kata Mahfudz.

Lembaga survei itu, Minggu (4/1) siang merilis hasil jajak pendapat. Partai Demokrat dipilih 26 persen dari 2200 responden. Sebulan sebelumnya Demokrat hanya dipilih 10,8 persen respoden. Adapun Partai Keadilan Sejahtera yang pada bulan sebelumnya dipilih 9 persen responden turun peringkat menjadi hanya dipilih 8 persen respoden.

Mahfudz mengatakan hasil survei tersebut sangat ditentukan oleh iklan. Sebab, ia mencontohkan, dari 10 fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Fraksi Partai Keadilan Sejahtera menjadi satu-satunya fraksi yang pernah mengembalikan uang ke Komisi Pemberantasan Korupsi. "Jumlahnya sampai Rp 2 miliar," kata Mahfudz.

DWI RIYANTO AGUSTIAR

No comments: