Thursday, November 04, 2010

Soal Reshuffle, PKS Minta Diajak Bicara Terlebih Dahulu

Ahad, 31 Oktober 2010, 16:11 WIB


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kendati menyadari kalau perombakan kabinet adalah hak prerogatif presiden, PKS meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkonsultasi terlebih dahulu dengan partai koalisi lainnya jika hendak merombak kabinet. Sekarang juga dipandang PKS bukan saat yang tepat untuk bicara perombakan kabinet.

Wasekjen PKS, Mahfudz Shiddiq, mengibaratkan koalisi dengan perkawinan seorang lelaki dan perempuan. "Kalau seorang suami mau menceraikan istrinya, seharusnya mengingat dulu bagaimana ketika mengajak perempuan itu menikah," tutur dia kepada Republika, Ahad (31/10).

Ketika mengajak menikah, sepantasnya sang pria berbicara dahulu dengan orang tua pasangannya. Maka, ketika hendak bercerai sebaiknya suami kembali mengajak bicara mertuanya. "Harus ngomong juga dengan mertua kalau mau bercerai, kan," ujar dia lagi.

Sebelumnya, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Ahmad Mubarok, mengatakan presiden tidak perlu meminta persetujuan petinggi partai koalisi seandainya hendak melakukan perombakan kabinet. Menurut Mubarok lagi, pembicaraan antara petinggi partai dan presiden akan terjadi sebatas pemberitahuan hasil evaluasi.

Agenda konsultasi, dikatakannya, tidak akan dilakukan presiden. Alasannya, pergantian menteri dalam kabinet adalah hak prerogatif presiden. Mahfudz menambahkan, PKS berkeyakinan kalau presiden tidak akan merombak kabinetnya tanpa konsultasi dengan partai koalisi. Presiden, katanya, pernah berbicara kalau seandainya terjadi perombakan ia akan lebih dahulu berbicara dengan partai koalisi.

Perkataan Mubarok, sambung Mahfudz yang juga Ketua Komisi I DPR RI, tidak dijadikan pegangan oleh PKS. Bencana di Gunung Merapi, Jawa Tengah, dan tsunami di Pulau Mentawai di Sumatra juga dipandang Mahfudz menjadi prioritas utama presiden dan elite politik. Tidak sepatutnya bicara perombakan ketika pekerjaan di daerah bencana menanti untuk dikerjakan.

Red: Djibril Muhammad
Rep: Indira Rezkisari

No comments: