Thursday, September 23, 2010

DPR Gali Informasi HAM Calon Panglima TNI

Komisi I bidang Pertahanan DPR telah mengunjungi Komnas HAM.
Kamis, 23 September 2010, 11:05 WIB
Ita Lismawati F. Malau


VIVAnews - Komisi I bidang Perrtahanan DPR juga melakukan penggalian informasi dari sisi hak asasi manusia (HAM) untuk keperluan uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI.

Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan informasi ini sebagai masukan dan rekam jejak sang calon, Laksamana Agus Suhartono. "Proses fit and proper test kami akan lakukan secara terbuka sehingga masyarakat bisa mengikuti," kata dia seperti dilansir dari situs DPR RI, Kamis 23 September 2010.

Untuk keperluan itu, kata dia, Komisi I sudah mengunjungi Komisi Nasional (Komnas) HAM. Dan hal ini, kata dia, tidak bertentangan dengan UU. Prinsipnya, lanjut Mahfudz, proses uji kelayakan dan kepatutan tersebut tetap mengedepankan transparansi.

"Kami berupaya menghimpun berbagai masukan dari masyarakat. Kami bisa saja mengembalikan nama yang diajukan ke presiden jika ditemukan masalah-masalah yang penting," tegasnya.

Dia menambahkan, titik berat Komisi I DPR adalah masalah akuntabilitas penggunaan anggaran dan laporan kekayaan yang bersangkutan. "Tim Komisi I DPR juga berkunjung ke KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Selain itu adalah masalah penguatan perspektif HAM dikalangan TNI," kata dia.

No comments: