Wednesday, January 27, 2010

Mengapa PKS Bantah Demokrat Soal Bailout?

Mengapa PKS Bantah Demokrat Soal Bailout?

INILAH.COM, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membantah pernyataan Partai Demokrat (PD) bahwa partai koalisi sepakat masalah bailout Bank Century untuk menyelamatkan Indonesia. Mengapa PKS membantah?
Ternyata PKS siap membuka 18 temuannya untuk memperjelas penuntasan skandal Bank Century. PKS melihat ada masalah dalam kasus ini. "PKS bekerja berdasarkan objektivitas, substansi masalah, dan tidak ada kaitannya dengan koalisi. Koalisi bukan acuan mengambil keputusan," kata Wakil Ketua Pansus Hak Angket Bank Century Mahfudz Siddiq, Senin (25/1/2010).
PKS, menurut Mahfudz, akan menjaga obyektivitas, sekalipun sikapnya berbeda
dengan sikap pemimpin koalisi. PKS dinilai para analis politik menguji kekuatan tawar mereka terhadap SBY dengan kasus Bank Century.
"Kita berharap cemas soal PKS dalam menuntaskan kasus Bank Century. Kita cemas, PKS bisa jadi meminta kursi menteri kabinet lebih banyak lagi, sebagai kompensasi bagi kompromi di Pansus Hak Angket Kasus Bank Century," kata pengamat politik Abas Jauhari MA, pengajar Sosiologi Universitas Islam Negeri Jakarta.
Namun kalangan PKS menegaskan, bahwa partainya bermaksud membuktikan apakah ada indikasi pelanggaran UU dalam keseluruhan pelaksanaannya. "Kalau ada, ya, kita akan katakan ada, kalau tidak, ya, kita katakan tidak ada," papar Mahfudz.
PKS bahkan sudah mempersiapkan amunisi untuk mempertajam kerja pansus. Di
BI, dalam proses merger sampai Fasilitas Pinjaman Jangka Pendek (FPJP) ada banyak pelanggaran hukum. "PKS mencatat ada 18 bentuk pelanggaran yang dilakukan BI dalam konteks merger dan FPJP," beber Mahfud.
Dalam kaitan ini, mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hukum Adnan Buyung Nasution mengatakan, kebijakan pemberian dana talangan Bank Century harus diusut. Jika terbukti kebijakan itu disertai dengan latar belakang, motif, dan tujuan tertentu, seperti kriminal, maka dapat dipidanakan.
"Namun kebijakan tidak dapat dipidanakan jika semata-mata bertujuan demi menanggulangi masalah krisis ekonomi," tegas Buyung Nasution.
Advokat senior ini mengingatkan bahwa tidak ada satu orang pun yang kebal hukum di Indonesia. Terkait kasus Bank Century, Adnan menyadari adanya ganjalan dari penilaian dampak sistemik.
Karena itu, wajar jika sikap PKS dan parpol lain dalam memproses kasus
Century, terus bergerak dan menjadi perhatian publik. PKS diharapkan membawa
amanah dan moralitas dalam menuntaskan kasus Bank Century, sehingga tidak mudah terjebak kompromisme yang bisa mencederai kepercayaan umat Islam.
"PKS harus amanah dan konsisten untuk menuntaskan Century, jangan dijadikan alat tawar-menawar kekuasaan dengan Kubu Demokrat. Sebab justru bisa merugikan PKS dan merusak citra PKS sendiri,’’ kata Abas Jauhari. [mor]

2 comments:

Unknown said...

Assalamu'alaikum wr wb

Mudah-mudahan Kang Mahfudz dan anggota PKS lainnya tetap istiqomah dalam memperjuangkan kebenaran. Tidak hanya dikata tapi ditindakan juga. Karena sesungguhnya Alloh maha melihat apa yang dilakukan hamba-hambanya

Wassalamu'alaikum wr wb

Anonymous said...

Ass.
aduh good....my bro
kalo comment nya kaya gitu.
tentram dunia....