Tuesday, January 19, 2010

Besok, Giliran Susno Duadji Diperiksa Pansus Century

Besok, Giliran Susno Duadji Diperiksa Pansus Century
Selasa, 19 Januari 2010 | 10:06 WIB
 
JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Kepala Bareskrim Polri Komjen Susno Duadji akan diperiksa Pansus Angket Kasus Bank Century pada Rabu (20/1/2010) di Gedung DPR, Jakarta. Susno dijadwalkan memberikan keterangan pada pukul 10.00. Apa urgensi pemeriksaan terhadap Susno?
 
Wakil Ketua Pansus Angket Kasus Bank Century Mahfudz Siddiq mengatakan, pemeriksaan Susno terkait dengan usulan anggota Pansus. Susno akan digali seputar penangkapan mantan bos Bank Century, Robert Tantular. "Pemeriksaan Pak Susno seputar pelaksanaan instruksi menangkap Robert Tantular," kata Mahfudz di Gedung DPR, Jakarta, Selasa pagi.
 
Diakui Mahfudz, pemeriksaan Susno juga dilakukan sebagai tindak lanjut keterangan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kalla, di hadapan Pansus pada pemeriksaan pekan lalu, mengungkapkan, setelah memerintah Polri untuk menangkap Robert, eksekusi langsung dilakukan oleh Kabareskrim yang saat itu dijabat Susno Duadji.
 
"Saya pikir, Pak Susno perlu juga didengar keterangannya karena dia yang eksekusi langsung," kata Kalla saat didengar keterangannya.
 
Selain itu, Pansus juga akan menggali data yang dimiliki Polri tentang tindak pidana kejahatan perbankan yang dilakukan Robert Tantular. "Tetapi, info dari Pak Susno sifatnya hanya informasi tambahan karena beliau bukan saksi kunci," ujar Mahfudz.

No comments: