Monday, July 19, 2010

PKS Sesalkan Evaluasi UKP4 yang Terlalu Dini

Jumat, 16/07/2010 23:54 WIB
Lia Harahap - detikNews

Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS), menilai evaluasi yang dilakukan oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) terhadap kinerja para menteri Kabinet Bersatu Jilid II terlalu dini. Padahal terkait penilaian sebuah kinerja itu, biasanya dilakukan setelah pekerjaan itu berjalan selama satu tahun.

"Saya rasa siklus dari evaluasi kerja kali ini sedikit berbeda, karena umunya evaluasi itu dilakukan setelah setahun. Tapi kali ini baru tengah tahun sudah dievaluasi," kata Wakil Sekjen PKS, Mahfudz Siddiq dalam diskusi 'Evaluasi KIB II' di Kantor Harian Sinar Harapan, Jl Raden Saleh, Jakarta Pusat, Jumat (16/7/2010).

Sebenarnya evaluasi yang dilakukan oleh UKP4 tersebut adalah hal yang biasa dan sederhana. Karena itu merupakan instrumen yang dibentuk Presiden SBY untuk mengevaluasi kinerja presiden.

Tapi ketika itu dilakukan pada saat para menteri baru berjalan setengah langkah, bagi anggota DPR Komisi II ini, tidak tepat. Sebab dia cukup yakin banyak persoalan yang tidak terhindarkan ketika kinerja itu baru seumur jagung dan langsung diberika penilaian.

"Salah satuya adalah siklus anggaran untuk program yang akan dilakukan
pemerintah. Pencairan dana hanya baru tahap awal dan serapan dana juga belum berjalan baik," jelas dia.

Apalagi ketika evaluasi itu disampaikan pada publik, Mahfudz akhirnya masalah ini menjadi bola panas, meskipun dia cukup menyadari kembali bahwa itu memang hak dari UKP4.

"Asalkan evaluasi itu tidak bersifat politik, saya rasa tidak perlu ditanggapi negatif," tutup dia.

(lia/anw)

No comments: