Wednesday, July 21, 2010

Mahfudz Siddiq Pimpin Komisi I DPR

Jawapos.com [ Rabu, 21 Juli 2010 ]

JAKARTA - Anggota DPR dari PKS Mahfudz Siddiq mendapat kepercayaan besar dari fraksinya. Politikus kelahiran Jakarta, 25 September 1966, itu dipindahkan dari komisi II ke komisi I. Di tempat baru yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi, Mahfudz didapuk menjadi ketua komisi. Dia menggantikan Kemal Azis Stamboel yang dipindahkan ke komisi XI. ''Saya ini prajurit, mau ditaruh di mana, prinsipnya siap, laksanakan saja,'' kata Mahfudz di gedung DPR kemarin (20/7).

Menurut dia, fraksinya memang tengah menata ulang penempatan sejumlah anggota di alat kelengkapan DPR. Semua itu merupakan kewenangan penuh pimpinan fraksi dan DPP PKS. ''Diputuskan rapat pleno tadi pagi (kemarin, Red). Saya sendiri tidak terlibat,'' ujarnya.

Mahfudz mengaku belum tahu kapan keputusan itu berlaku aktif. Apakah langsung dalam masa sidang DPR kali ini atau menunggu sampai masa sidang berikutnya. Soalnya, masa sidang sekarang sangat singkat, yakni hanya sampai 30 Juli. ''Mungkin saja mulai masa sidang berikut karena sudah tanggung,'' kata Mahfudz. Jabatan ketua Komisi I DPR memang merupakan hak PKS berdasar asas proporsionalitas.

Mahfudz menuturkan, sejak DPR periode lalu dirinya ditempatkan di komisi II. Komisi tersebut membidangi pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, aparatur negara dan reformasi birokrasi, kepemiluan, serta pertanahan dan reforma agraria. ''Komisi I memang pengalaman baru buat saya,'' ujarnya.

Dia sekaligus membantah bahwa penataan ulang ini terkait dengan tarik-menarik dua faksi di PKS, yakni kesejahteraan dan keadilan. Mahfudz menegaskan, setelah DPR berjalan sembilan bulan, fraksi melakukan evaluasi dan assessment terhadap kemampuan anggota. ''Seperti dulu (DPR periode 2004-2009, Red) saya kan menjadi ketua fraksi pada pertengahan 2005. Dasarnya juga evaluasi dan assessment itu,'' tegas Wasekjen DPP PKS itu. Dalam DPR periode 2009-2014, jabatan ketua Fraksi PKS dipegang Mustafa Kamal. Sedangkan Mahfudz Siddiq menjadi anggota biasa. ''Jadi, rotasi itu biasa di PKS,'' tegas Mahfudz. FPKS juga mengganti wakil ketua komisi XI yang sebelumnya dipegang Mohamad Sohibul Iman kepada Surahman Hidayat. (pri/c2/agm)

No comments: