Friday, April 23, 2010

Politisi Baru DPR di Tim Pengawas Century

Politisi Baru DPR di Tim Pengawas Century
JAKARTA, TRIBUN - Jumat, 23 April 2010 | 08:11 WITA

Pimpinan DPR RI, Kamis (22/4), akhirnya mengumumkan Tim Pengawas skandal Bank Century. Tim didominasi muka-muka baru, yang sebelumnya tidak masuk dalam inisiator maupun anggota panitia khusus Bank Century DPR.

Wajah baru umumnya dari dari Partai Demokrat, yang pada putaran Pansus kalah telak melawan Golkar, PDIP, PKS, PPP, Gerindra dan Hanura.
Konsistensi justru terjadi di tubuh Partai Golkar, PKS dan PAN. Golkar mengirim enam politisinya yang selama ini berkecimpung di Pansus.
Langkah serupa ditempuh PKS. Nama Mahfudz Siddiq, Andi Rahmat, dan Fahri Hamzah tetap masuk. Begitu pula PAN. Tidak ketinggalan Hanura tetap mempercayakan Akbar Faisal. (selengkapknya lihat, Nama Anggota Tim Pengawas)
Lalu bagaimana dengan PPP? Untuk sementara PPP memasang Epyardi Asda dan Aditya Mufti Arifin. Kedua nama ini belum secara resmi diusung, lantaran surat penugasan diajukan ke pimpinan DPR, ternyata belum ditandatangani Ketua Fraksi PPP.
"Tadi kami pertanyakan apakah sudah disetujui benar-benar atau tidak. Tapi PPP hanya tertawa, minta waktu lagi," ujar Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (22/4).
Usai rapat badan musyawarah di gedung DPR RI, Ketua Fraksi PPP Hazrul Azwar menegaskan, kedua nama tersebut masih digodok di internal partai. "Kami ingin menempatkan anggota yang bisa full bertugas, mengikuti masalah, dan melaporkan perkembangan secara confirm ke ketua fraksi," urainya.(Persda Network/ade)

Tak Mau Dibilang Penghambat
KETUA DPR RI Marzuki Alie menyebut, dua fraksi yang belum juga menyetor nama hingga kamis pagi adalah fraksi Gerindra dan Hanura. "Sampai dengan tadi pagi yang belum mengirimkan adalah Gerindra dan Hanura. Tujuh lainnya sudah," ujar Ketua DPR RI Marzuki Alie. Menurutnya, Fraksi Gerindra dan Hanura baru akan memasukkan anggota tim pengawas Kamis siang. "Surat akan di-fax," ucapnya.
Masuknya nama-nama anggota tim pengawas skandal bank Century tidak terlepas dari kesepakatan rapat pimpinan pada 15 April lalu.
Surat kepada seluruh fraksi agar membuat calon tim pengawas sampai dengan 21 April."Jadi saya tidak mau dibilang menjadi penghambat ," paparnya menanggapui anggapan politik dia sengaja menghalang-halangi pembentukan tim pengawas ini.(Persda Network/ade)

==
Tim Pengawas Skandal Bank Century
* Partai Demokrat
- Achsanul Qosasi
- Jafar Hafsah
- Soetan Batoegana
- Ignatius Mulyono
- Vera Febyanthy
- Didi Irawadi
- Sutjipto
- Gede Pasek Suardika

* Fraksi PDI Perjuangan
- Gayus Lumbuun
- Ganjar Pranowo
- Hendrawan Supratikno
- Sidharto Danusubroto
- Trimedya Panjaitan

* Partai Golkar
- Azis Syamsuddin
- Agun Gunandjar Sudarsa
- Ade Komarudin
- Bambang Soesatyo
- Idrus Marham
- Melchias Marcus Mekeng

* PKS
- Mahfudz Siddiq
- Andi Rahmat
- Fahri Hamzah

* PAN
- Asman Abnur
- Tjatur Sapto Edi

* PKB
- Imam Nahrawi
- Nur Yasin

* PPP
- Epyardi Asda
- Aditya Mufti Arifin

* Hanura
- Akbar Faisal

* Fraksi Gerinda
- Soepriyatno

No comments: