Monday, October 25, 2010

Mahfudz: TNI Harus Segera Ungkap Kekerasan Papua

24 Oktober 2010 | 09:18 wib
Berita Aktual » Nasional


Jakarta, CyberNews. Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan, jajaran TNI harus segera mengungkap kasus ini secara tuntas terkait keterlibatan oknum TNI dalam kekerasan terhadap warga Papua.

Menurut Mahfudz, bukan semata karena sudah menjadi perhatian dunia internasional, namun lebih jauh TNI harus menjadi kekuatan militer yang menjunjung tinggi nilai-nilai HAM. "Sesuai dengan keterangan Menko Polhukam, memang harus segera ditegakkan kedisiplinan terhadap oknum prajurit yang melanggar SOP dalam melaksanakan tugasnya," ujarnya, Minggu (24/10).

Menurutnya, TNI sebagaimana ditegaskan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, harus menegakkan perspektif HAM, baik dalam perang, bahkan dalam kondisi tidak perang sekalipun. "Tetapi di satu sisi harus dipahami tugas dan fungsi TNI untuk mengendalikan gerakan separatis, dalam hal ini terhadap Organisasi Papua Merdeka (OPM). Mereka juga seringkali melakukan tindakan kekerasan dan serangan bersenjata terhadap sipil dan TNI," imbuh Mahfudz.

Karena itu, dia meminta semua pihak untuk sabar menunggu penyelidikan yang dilakukan TNI, sehingga permasalahannya menjadi jelas. "Kita tunggi saja. Kami juga sedang menunggu. Apa pun hasilnya tentu harus diungkap dengan tuntas," pungkasnya.

( OKZ /CN27 )

1 comment:

Anonymous said...

Ass.
Di era keterbukaan informasi dan demokrasi yang cenderung liberal ini, sangat sulit bagi TNI menghadapi strategi perang gerilya yang diterapkan OPM. Demi cita-citanya : Merdeka dan Lepas dari NKRI.

Kita berharap kepada TNI, kritik terakhir tak surutkan langkah dalam menjaga keutuhan NKRI kita.

Tetaplah berjuang TNI-ku...