Wednesday, May 06, 2009

Perkuat Parlemen, SBY Sebaiknya Pilih Cawapres dari Parpol

Perkuat Parlemen, SBY Sebaiknya Pilih Cawapres dari Parpol
MI, Selasa, 05 Mei 2009 20:40 WIB
Penulis : Akhmad Mustain
JAKARTA--MI: Upaya untuk mengantisipasi manuver oposisi di DPR dengan koalisi besarnya, sebaiknya SBY memilih cawapres dari kalangan parpol. Kalau memilih dari profesional, maka pemerintahan akan kesulitan.

Pakar Marketing Politik dari Universitas Indonesia Firmanzah mengatakan sebaiknya Susilo Bambang Yudhoyono tidak mengambil orang nonpartai atau orang professional sebagai cawapres. "Back up dari seorang wapres dari kalangan profesional tidak bisa diharapkan untuk menghadapi manuver oposisi di DPR nantinya," ungkap Firmanzah di Jakarta, Selasa (5/5).

Menurutnya, kalangan professional tidak punya kendaraan politik ataupun pengalaman dalam mengatasi konflik dengan DPR sehingga pemerintahan akan kesulitan, terutama dalam menghadapi parlemen yang oposisinya dipastikan akan semakin menguat dengan adanya koalisi besar.

"Dengan wapres dari kalangan professional gonjang-ganjing politik pun akan semakin kuat. Oleh karena itu yang diperlukan SBY adalah seorang pendamping yang diyakini memiliki pengalaman politik yang luar biasa," tambahnya.

Memang, ucap Fimanzah, SBY harus mempertimbangkan antara pilihan stabilitas politik atau ekonomi. Namun, dirinya memandang bahwa kedepan SBY lebih baik mendahulukan stabilitas politik daripada lainnya.

"Kalau kestabilan ekonomi dengan Boediono sebagai Gubernur BI dan Sri Mulyani sebagai Menko Ekuin sekaligus Menkeu sebenarnya sudah sangat baik terjaga. Dua ekonom profesional itu memang memiliki kapasitas di bidangnya. Jadi menurut saya biarkan saja dua orang itu di posnya yang sekarang karena stabiltas ekonomi terjaga, SBY tinggal memfokuskan untuk membuat stabilitas politik secara umum," tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPP PAN Patrialis Akbar mengungkapkan bahwa sikap PAN menyerahkan keputusan siapa cawapres yang akan dipilih kepada SBY. "Keputusan internal partai telah memutuskan akan mengusung Hatta Rajasa sebagai cawapres yang ditawarkan ke Demokrat," ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Anggota FPAN DPR RI Djoko Susilo. "PAN sepakat untuk mengusung Hatta sebagai cawapres SBY. Semua tergantung SBY, tetapi kami mengharapkan SBY memilih kader kami," ungkapnya. Dikatakannya juga, bahwa kader parpol akan lebih baik menjaga stabilitas politik.

Ketika ditanya, jika kemungkinannya yang dipilih oleh SBY bukan kader PAN, apakah akan berkoalisi dengan Demokrat. "Kita lihat perkembangannya nanti seperti apa. Dan kalau benar terjadi, maka akan ada pertimbangan politik dari PAN," ucapnya.

Sedangkan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Ahmad Mubarok mengungkapkan kecenderungannya saat ini, cawapres bisa saja dari kalangan profesional. "Hal itu bisa meminimalisasi potensi saling iri antarmitra koalisi," ujarnya.

Menurut Mubarok, perolehan parpol yang menjadi mitra koalisi Demokrat hampir setara. "Jadi kita perkuat saja koalisi di parlemen. Presiden dan Wakil Presiden menjadi lokomotifpemerintahan, sedangkan parpol menjadi gerbong di parlemen maupun kabinet," tukasnya.

Mubarok juga berujar bahwa kandidat cawapres dari PAN Hatta Rajasa tidak bersedia dicalonkan. "Saya dengar dari orang bahwa beliau tidak bersedia dicalonkan," tuturnya. Namun semua kemungkinan masih terbuka, tergantung dari pilihan SBY.

Sementara itu, Ketua DPP PKS Mahfudz Siddiq mengungkapkan akan lebih baik cawapres yang dipilih SBY berasal dari parpol jika tujuannya untuk menguatkan sistem presidensial. "Namun itu terserah SBY, karena PKS menyerahkan hak prerogratif tersebut kepada beliau," ucapnya.

Ia berujar akan sangat menghormati apabila SBY memilih kader dari parpol. Selain itu, ujar Mahfudz, pertimbangan mengenai kalangan profesional maupun parpol hanya SBY yang tahu. "Kita serahkan kepada beliau yang terbaik ke depan. Yang penting koalisi akan tetap terjaga dalam lima tahun," tandasnya. (*/OL-03)

2 comments:

Anonymous said...

малолетка онлайн http://free-3x.com/ порно школьницы free-3x.com/ минет молодых крупным планом [url=http://free-3x.com/]free-3x.com[/url]

Anonymous said...

Самый продвинутый ресурс для пользователей [url=http://torrents.trion.mk.ua]TTT[/url]