Thursday, March 13, 2008

PKS Usul Capres di Bawah 60 Tahun

PKS Usul Capres di Bawah 60 Tahun

JAKARTA - Wacana tentang perlunya mengusung capres (calon presiden) dari kalangan muda terus menggelinding. Kali ini, desakan tersebut dilontarkan jajaran Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Saatnya Pemilu 2009 memunculkan presiden yang berusia di bawah 60 tahun," kata Ketua Fraksi PKS DPR Mahfudz Siddiq ketika dihubungi kemarin (8/3). Menurut dia, periode transisi dan konsolidasi demokrasi pascareformasi 1998 telah berjalan sepuluh tahun. Dalam rentang waktu yang tak layak dianggap singkat itu, Indonesia mengalami dua kali pemilu demokratis yang juga melahirkan sederet nama baru presiden RI.

Mereka adalah Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarnoputri, dan terakhir Susilo Bambang Yudhoyono. Baik secara terang-terangan maupun malu-malu kucing, ketiganya siap untuk maju lagi pada Pilpres 2009. "Persoalannya, pada 2009 nanti mereka semua berumur di atas 60 tahun," ujar Mahfudz.

SBY yang lahir 9 September 1949 akan berumur 60 tahun pada 2009. Sementara itu, Megawati Soekarnoputri yang lahir dari pasangan Soekarno-Fatmawati pada 23 Januari 1947 berusia 62 tahun. Gus Dur yang lahir di Jombang pada 4 Agustus 1940 malah berusia 69 tahun.

Capres lain yang sudah terang-terangan mendeklarasikan diri juga tak jauh berbeda. Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso yang populer dengan panggilan Bang Yos lahir pada 6 Desember 1944. Artinya, pada 2009 nanti umurnya sudah 65 tahun. Wiranto yang lahir pada 4 April 1947 juga akan berumur 62 tahun pada 2009.

Padahal, jelas Mahfudz, tren kepemimpinan dunia saat ini justru memperlihatkan kebangkitan tokoh-tokoh muda. Contoh yang paling mutakhir adalah terpilihnya Dmitri Medvede yang baru berumur 43 tahun sebagai presiden Rusia menggantikan Vladimir Putin.

"Sebagai negara besar dengan masalah yang juga besar, Indonesia sebenarnya membutuhkan pemimpin muda yang progresif-revolusioner," tandasnya. Tak hanya di ranah politik, imbuh Mahfudz, dunia bisnis global juga terus menampilkan sosok-sosok pemimpin muda. "Maka, bangsa ini perlu terobosan besar agar Pilpres 2009 mampu menghasilkan kepemimpinan muda," tuturnya. (pri/oni)

No comments: