Wednesday, February 20, 2008

Presiden Arahkan DPR Terkait Pemilihan Gubernur BI

Presiden Arahkan DPR Terkait Pemilihan Gubernur BI
MI.com Penulis: Fardiansah Noor

JAKARTA--MI: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dinilai berupaya mengarahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk memilih salah satu calon gubernur Bank Indonesia (BI). Beredar di DPR bahwa Presiden mengajukan Dirut Bank Mandiri Agus Martowardojo dan Komisaris BNI Erry Riyana Hardjapamekas

"Saya dengar seperti itu. Kalau itu benar berarti Presiden berupaya mengarahkan DPR memilih orang yang ahli di perbankan dan berpengalaman di sektor riil. Itu tidak fair," kata Ketua Fraksi PKS Mahfudz Siddiq kepada Media Indonesia di Jakarta, Jumat (15/2).

Menurut Mahfudz, Presiden sebaiknya mengajukan tiga nama dan ada unsur dari internal bank sentral untuk menjamin soliditas BI. Jika semua calon gubernur BI yang diajukan dari luar BI, akan muncul kesan ketidakpercayaan Presiden sebagai kepala negara terhadap institusi BI.

"Ada orang-orang muda kompeten di BI, seperti Muliaman dan Hartadi yang sangat layak memimpin BI ke depan. Jika Presiden mengajukan dua nama saja, dikhawatirkan terjadi fait accomply tidak langsung jika salah satunya adalah calon yang tidak kompeten. Ini bisa memicu penolakan dari DPR," ungkap Mahfudz.

Senada dengan Mahfudz, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo menyatakan, calon gubernur BI harus mampu menjaga stabilitas makro dengan pengetahuan mendalam terkait pasar finansial global. Termasuk keberanian melakukan serangan moneter dengan tidak selalu irama bank sentral AS.

"Gubernur BI harus mempunyai kemampuan menstimulasi perbankan untuk memanfaatkan stabilitas ke sektor riil unggulan, sehingga jadi penting koordinasi dengan pemerintah. Calon gubernur BI harus mempunyai visi platform sistem pembayaran yang nasionalis di arus global. Termasuk bersih dari korupsi dan nepotisme. Dengan kata lain harus generasi baru," cetus Tjahjo. (Far/OL-03)

2 comments:

Tukang Gosip said...
This comment has been removed by the author.
Mahfudz Siddiq said...

Terima kasih komentarnya