Tuesday, January 18, 2011

Tikus dan Lonceng Kucing di Forum 100 Tokoh

Pemuka agama mengungkapkan kekecewaan serupa. Mereka menilai pemerintahan SBY berbohong.
Senin, 17 Januari 2011, 17:21 WIB
Ita Lismawati F. Malau, Dedy Priatmojo, Zaky Al-Yamani


VIVAnews - Pertemuan 100 Tokoh Pergerakan keras mengritik kinerja pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Di acara yang digelar Senin, 17 Januari 2011, di Gedung Joang, Jakarta itu, Ketua Komisi I DPR dari Fraksi PKS, Mahfudz Siddiq, punya cara sendiri menyuarakan aspirasinya.

"Saya ingin sampaikan kembali suatu ayat yang lama menjadi prinsip perjuangan teman-teman: 'Katakanlah bahwa kebenaran telah datang dan kebathilan pasti hancur. Dan sesungguhnya kezaliman pasti hancur'," kata Mahfudz.

Namun, ia melanjutkan, untuk menghadapi penguasa yang zalim, ada satu persoalan. Mahfudz pun mengutarakan dongeng tentang rapat para tikus untuk menghadapi kucing.

"Ini cerita lama orang-orang pesantren. Ada sekumpulan tikus berunding untuk mengatasi seekor kucing yang sering menzalimi dan mencuri makanan mereka. Kemudian, dari hasil perundingan para tikus bersepakat agar kucing tersebut dikalungi lonceng supaya ketika hendak menzalimi, kucing itu akan terdeteksi suara lonceng."

Semua tikus, kata dia, langsung menyatakan akur dengan ide cemerlang itu. Eh, tapi kemudian seekor tikus yang sedari tadi berdiam diri lalu bertanya: lalu siapakah tikus yang berani mengalungkan lonceng itu ke leher sang kucing?

"Mungkin Rizal Ramli (deklarator acara 100 Tokoh) tahu siapa figur yang dapat mengalungi lonceng itu," kata Mahfud menutup pembicaraan, disambut gelak tawa para hadirin.

***

Dalam pertemuan ini, para tokoh yang hadir dengan berapi-api kerap menyebut dua istilah, yakni: 'pemakzulan' dan 'revolusi.' Sebagian di antara mereka menilai pemerintahan SBY telah gagal menyejahterakan rakyat.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI (purn) Tyasno Sudarto dan politisi asal Gerindra, Permadi, misalnya, menyatakan revolusi sosial harus menjadi jawaban sebelum rakyat memberontak. "Pertemuan ini saya harapkan terakhir. Sudah saatnya revolusi digaungkan," seru Permadi.

Yudi Latif, pengamat politik dan salah seorang inisiator acara ini, menyatakan dirinya dan sejumlah tokoh akan membentuk badan pekerja untuk menindaklanjuti pertemuan ini.

Sebelum pertemuan ini, tokoh-tokoh lintas agama juga mengungkapkan kekecewaan serupa. Mereka bahkan menilai pemerintahan SBY telah berbohong. Pemuka agama yang hadir dalam acara ini antara lain: mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif; Ketua Umum PP Muhamaddiyah, Din Syamsuddin; tokoh Nahdlatul Ulama KH Salahuddin Wahid; rohaniawan Romo Franz Magnis-Suseno; Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, Pdt. Andreas A. Yewangoe; Ketua Konferensi Waligereja Indonesia, Mgr. MD Situmorang; Ketua Umum Sangha Theravada Indonesia; Bikkhu Sri Pannyavaro Mahathera; dan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia I Nyoman Udayana Sangging.

Terhadap kritik tersebut, Staf Khusus Presiden Daniel Sparingga menilai suara tokoh-tokoh agama itu tidaklah bulat. (kd)

2 comments:

Anonymous said...

xrumer servers [url=http://xrumerservice.org/]xrumer blast[/url] backlink exchange
optimizing seo

Anonymous said...

Get large online web traffic using superb xrumer blast available. We are able post your marketing post up to 10K forums worldwide, get thousands of backlinks and large web traffic in shortest time. Most affordable and most powerful service for web traffic and backlinks in the world!!!!
Price just from $29 your post will be published up to 100000 forums worldwide your website will get insatnt traffic and massive increase in rankings just after few days or weeks. Order now:
[url=http://xrumerservice.org]xrumer service[/url]