Thursday, January 27, 2011

PKS Sayangkan Teroris Mulai Menyasar ABG

Oleh: Moh. Anshari
Nasional - Kamis, 27 Januari 2011 | 03:08 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Wasekjen DPP PKS Mahfudz Siddiq menyayangkan pola rekrutmen kelompok teroris mulai menyasar anak-anak usia ABG.
"Dari kejadian kemarin, sudah bisa dilihat adanya perubahan pola rekrutmen yang membidik anak-anak ABG. Ini sangat berbahaya. Tapi, anak-anak belia biasanya belum punya keterikatan secara mendalam dengan kelompok teroris," ujar Mahfidz kepada INILAH.COM, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (26/1/2011).
Ketua Komisi I DPR ini menyamakan anak-anak muda ibarat padang ilalang kering yang mudah disulut dan didoktrin ideologi-ideologi baru. Terlebih jika kondisi ekonomi dan sosialnya ada persoalan.
"Problem kemiskinan, pengangguran, putus sekolah yang melilit mereka seperti padang ilalang kering. Siapapun bisa menyulut itu. Kelompok-kelompok teroris dan kriminal lainnya bisa menyulut mereka. Ada konteks sosiologis yang harus kita pahami," terangnya.
Menurut Mahfudz, masyarakat yang kondisi ekonomi dan pendidikannya rendah sangat rentan melahirkan benih-benih terorisme. "Ini kan problem marginalisasi secara ekonomi dan pendidikan. Sepanjang secara sosio-ekonomi masyarakat ini masih rentan, maka rentan pula tumbuh benih-benih radikalisme dan terorisme," katanya.
Bagi Mahfudz, peran kaum agamawan sangat penting untuk melakukan penyadaran bersama pihak kepolisian. Namun, tidak hanya bimbingan yang dibutuhkan melainkan juga ketersediaan lapangan kerja bagi kelompok marginal.
"Peran agamawan setiap hari tanpa perintah pun sudah melakukan penyadaran. Cuma yang mereka tangani hanya nasehat. Padahal yang dibutuhkan mereka bukan hanya nasehat dan bimbingan tapi juga butuh makan, pekerjaan. Orang lapar suruh menafsirkan Al-Qur'an itu beda dengan orang kenyang yang menafsirkan doktrin agama," paparnya.[iaf]
Dapatkan berita populer pilihan A

No comments: