Wednesday, August 26, 2009

PKS Siapkan Tiga Nama untuk Pimpinan DPR

Republika, Rabu 25 Agustus 2009

JAKARTA -- PKS telah mendapatkan tiga nama kadernya, yang satu di antaranya akan ditugaskan sebagai wakil ketua DPR. Tiga nama yang dinominasikan itu, di antaranya Mahfudz Siddiq (ketua Fraksi PKS DPR), Anis Matta (Sekjen DPP PKS), dan Irwan Prayitno (ketua Komisi X DPR).

Sesuai ketentuan undang-undang, PKS secara otomatis berhak menempatkan kadernya sebagai wakil ketua DPR. Ketua DPP PKS, Zulkieflimansyah, mengatakan, PKS sudah menyiapkan kadernya.
''Sudah ada keputusannya. Tapi, karena belum diumumkan, saya hanya bisa mengatakan ada tiga nama yang semula dicalonkan,'' kata Zul, Selasa (25/8). Ketiga orang yang dicalonkan adalah Mahfudz Siddiq, Anis Matta, dan Irwan Prayitno.

Sekjen PKS, Anis Matta, mengatakan, keputusan soal pimpinan DPR dari PKS akan diambil setelah Lebaran. ''Belum ada tuh. Belum ada rapat juga. Banyak yang sedang umrah,'' ujar Anis.
Anis menerangkan, Ketua Majelis Syuro PKS, Hilmi Aminuddin, merupakan salah satu pengambil keputusan yang sedang menunaikan umrah. Anis sendiri mengatakan, saat ini sedang 'menyepi', konsentrasi pada ibadah Ramadhan, dan dalam waktu dekat juga akan berangkat umrah.

Ketua DPP PAN, Patrialis Akbar, mengatakan, partainya sedang mempersiapkan calon pimpinan DPR. ''Sedianya akan dibahas sekitar Rabu (19/8), tapi tidak jadi dilakukan,'' jelas Patrialis.Dijelaskan, pimpinan DPR mendatang harus figur yang bisa membangun citra DPR. Terutama, dalam citra perbaikan kinerja DPR dalam penyusunan undang-undang maupun pengawasan.

Patrialis berpandangan, untuk mencapai itu, dibutuhkan figur yang mempunyai kemampuan komunikasi yang bagus dan berpengalaman. Menurutnya, pengalaman akan cukup membantu dalam mengendalikan persidangan sehingga pengambilan keputusan pembahasan undang-undang lebih berjalan efektif.

Ditambahkannya, sering kali dalam pengambilan keputusan ada kepentingan yang berbeda dari fraksi lainnya. Sehingga, dibutuhkan orang yang punya komunikasi yang baik serta figur yang dihormati semua fraksi.Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Ahmad Mubarok, mengatakan, kader partainya yang akan menempati posisi ketua DPR akan diajukan ke SBY. ''Untuk peta siapa yang akan menjadi ketua sih belum, belum ada. Hanya ada beberapa yang sudah diajukan dalam pembicaraan di dalam partai,'' kata Mubarok.

Beberapa orang nama yang muncul dalam bursa itu, di antaranya Anas Urbaningrum (ketua DPP Bidang Politik), Syarif Hasan (ketua Fraksi PD DPR), Hayono Isman (anggota Dewan Pembina), Taufik Effendi (menPAN), dan Marzuki Alie (sekjen).''Nama-nama itu diajukan dalam rapat rekrutmen yang dilakukan oleh internal partai.''

Daftar nama-nama pengisi bursa calon ketua DPR itu nantinya diserahkan kepada SBY. Dari ketua dewan pembina nanti akan menilai mana yang tepat untuk diajukan oleh PD dalam bursa pimpinan parlemen. ''Kalau nama-nama itu sudah ada di tangan beliau (SBY), beliau tinggal pilih nama.''
ann/wed

No comments: