Tuesday, August 04, 2009

PKS Bisa Menerima PDIP Gabung ke Kabinet SBY

PKS Bisa Menerima PDIP Gabung ke Kabinet SBY

Republika, Senin, 03 Agustus 2009 pukul 18:52:00

JAKARTA-–Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tak mempermasalahkan niat PDIP untuk bergabung dengan kabinet pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) periode 2009-2014. Syaratnya, SBY harus membicarakan dan memberikan argumentasi ke partai yang selama ini berkoalisi dengan Partai Demokrat.

"Saya kira PKS akan mempertimbangkan argumentasinya (PDIP gabung ke kabinet SBY–red)," kata Ketua Fraksi PKS, Mahfudz Siddiq, dihubungi, Senin (3/8) di Jakarta. Mahfudz yakin, Presiden SBY akan mengakomodasi kepentingan partai nonkoalisi, yakni PDIP atau Partai Golkar bergabung dalam kabinetnya mendatang.

Menurut Mahfudz, dalam masa terakhir kepemimpinannya untuk lima tahun mendatang, SBY memerlukan soliditas kabinet, termasuk dukungan dari parlemen. Jika merujuk pada jumlah kursi PDIP di parlemen yang signifikan, Mahfudz yakin, SBY akan memilih PDIP bergabung ketimbang Golkar.

Usai pembacaan nota RAPBN 2010 oleh Presiden SBY di gedung DPR, Senin (2/8), Taufiq Kiemas memberikan sinyalemen , bahwa PDIP siap masuk dalam kabinet SBY mendatang. Partai Golkar merasa terkejut dengan pernyataan Kiemas tersebut. dri/rif

No comments: