Monday, December 27, 2010

PKS tidak ke Luar dari Koalisi

Minggu, 26 Desember 2010
Penulis : Dinny Mutiah


JAKARTA--MICOM: Partai Keadilan Sejahtera menyatakan tak akan keluar dari koalisi meski mengakui ada ketidakpuasan dalam forum sekretariat gabungan. PKS menegaskan forum setgab tidak berkaitan dengan koalisi yang dibangun antara PKS dengan SBY.

Hal ini disampaikan oleh Presiden PKS Luthfi Hassan Ishaq kepada Media Indonesia di Jakarta, Jumat (24/12). Berikut petikan wawancaranya.

Bagaimana posisi PKS dalam koalisi setelah keluhan pada setgab itu terlontar?

Jadi, harus digambarkan jelas beda antara koalisi dan manajemen setgab. Koalisi itu ada kontrak politiknya, sementara forum setgab adalah implementasi dari kebutuhan komunikasi di antara mitra koalisi. Kami tidak akan keluar dari koalisi.

Mengapa tidak menyatakan keluar kalau memang kecewa terhadap setgab?

Kalau kami kecewa, wajar-wajar saja karena pola manajemen dan pola komunikasi itu menimbulkan seperti yang diungkapkan Pak Mahfudz (Ketua DPP PKS Mahfudz Siddiq). Tapi, itu tidak serta merta terhubung langsung dengan koalisi. Forum ini bersifat teknis. Di dalam kontrak politik, tidak ada setgab. Tapi, kami sebagai mitra koalisi menginginkan adanya komunikasi yang dibangun untuk hal yang bersifat nasional dan fundamental. Hanya, orang kecewa pada pola manajemen yang dibuat oleh Pak Ical dan Pak Syarief Hassan.

Lalu, apa maksud dari ajakan membuat poros partai menengah?

Ini formula solusi. Kalau bisa dibenahi (pola komunikasinya), kami tidak begitu. Kalau tidak bisa dibenahi, ya sudah kami laksanakan formula itu. Sekarang kan musim evaluasi jadi tidak usah overacting. Meresponsnya harus proporsional. Kami ini berkoalisi dengan SBY. Dia sambut kami dengan ramah dan santun. Tapi, orang lain berteriak-teriak. Ini tidak proporsional. (OL-5)

Bookmark and Share [SEO Monitor by MyPagerank.Net]

No comments: