Tuesday, March 24, 2009

PKS Lebih Sreg SBY daripada JK atau Mega

Senin, 23/03/2009 17:44 WIB

PKS Lebih Sreg SBY daripada JK atau Mega
Muhammad Nur Hayid - detikPemilu


Jakarta - Wacana koalisi parpol menghadapi pilpres 2009 terus digalang. PKS merasa koalisi dengan Partai Demokrat (PD) lebih baik daripada dengan Partai Golkar dan PDIP.

"Kalau dari jajak pendapat di kalangan kader, dukungan mereka dengan PD jauh lebih besar dari pada dengan Golkar dan PDIP. Itu nanti akan jadi bahan masukan," kata Ketua DPP PKS Mahfudz Siddiq kepada detikcom, Senin (23/2/2009).

Menurut Mahfudz, Pemilu 2009 harus menghasilkan anggota parlemen baik DPR RI atau DPRD yang reformatif. Caranya, setiap caleg yang terpilih harus mempunyai komitmen antikorupsi dan benar-benar merepresentasikan kepentingan rakyat banyak.

"Ini akan menjadikan sistem kerja parlemen yang transparan, partisipatif dan memiliki prioritas pembangunan jelas," papar ketua FPKS ini.

Selain itu, lanjut Mahfudz, pola hubungan kekuasaan antara legislatif dan eksekutif harus seimbang berdasarkan prinsip check and balance.

Meski demikian, Mahfudz menilai parlemen yang baik dan bersih hasil pemilu 2009 sedang mengalami ancaman serius. Ancaman terbesar terwujudnya parlemen yang reformatif pada Pemilu 2009 adalah biaya politik tinggi yang dikeluarkan para caleg.

"Banyaknya partai peserta pemilu yang sebagian besarnya akan ada di luar lingkaran kekuasaan eksekutif juga ikut mendorong. Sehingga motif untuk membuyarkan parlemen yang kuat akan sangat besar," paparnya.

"Solusinya kekuatan-kekuatan reformatif harus bersatu padu menyamakan kesepahaman dan komitmen. Inilah yang akan menjadi embrio koalisi besar pada pilpres dan pada pembentukan pemerintahan," pungkas caleg DPR dapil Indramayu ini.

No comments: