Wednesday, February 25, 2009

PKS Diprediksi Usung Capres Sendiri

PKS Diprediksi Usung Capres Sendiri
Vina Nurul Iklima
INILAH.COM, Jakarta – Meski survei LRI menyimpulkan bahwa duet Jusuf Kalla-Hidayat Nur Wahid berpeluang besar memenangkan Pilpres 2009, namun Hidayat mengaku tak terobsesi posisi wapres. PKS bahkan diprediksi mampu mengajukan capres sendiri dengan perolehan suaranya kelak.

Manurutnya, peluang Kalla berpasangan dengan Hidayat mungkin saja terjadi. Namun, semua tergantung hasil penghitungan Pileg 2009.

“Bila PKS sampai 14% perolehan suara dalam pileg, saya kira PKS akan galang

kekuatannya sendiri,” papar pakar manajemen Universitas Indonesia Firmanzah, usai bedah bukunya Marketing Politik, di Gedung DPD Jakarta, Selasa (24/2).

Ia juga memperkirakan peluang PKS masih besar pada pileg. Sehingga, ia bisa menjalin kekuatan dengan banyak partai politik lain saat pilpres. “PKS akan kuat saat semua partai ingin berkoalisi,” ujarnya.

Duet JK-HNW memang sangat mungkin terjadi. Namun, PKS mengajukan sejumlah syarat kepada Partai Golkar untuk dapat meminang kadernya. "Kalau perolehan suara di pemilu legislatif PKS di bawah 20 persen, duet JK-Hidayat bisa terjadi," kata Ketua FPKS Mahfudz Siddiq kepada INILAH.COM.

Sebelum wacana itu benar-benar terjadi, lanjut dia, Golkar harus setuju dengan kesepakatan politik PKS. Golkar dituntut serius dalam agenda menciptakan pemerintahan yang bersih dan baik. "Karena selama rezim Orba, KKN telah mendarah daging, dan birokrasi berkultur dilayani bukan melayani," ujar dia. [nuz]

No comments: