Thursday, August 23, 2007

PKS Usulkan Sutiyoso Gantikan Ma'ruf

PKS Usulkan Sutiyoso Gantikan Ma'ruf


Penulis: Fardiansah Noor

JAKARTA--MIOL: Partai Keadilan Sejahtera mengusulkan nama Sutiyoso untuk menduduki posisi Menteri Dalam Negeri menggantikan M Ma'aruf yang kini tidak optimal bekerja karena sakit.

Demikian diungkapkan oleh Ketua DPP PKS Mahfudz Siddiq kepada Media Indonesia di Jakarta, Rabu (22/8). Menurut Mahfudz, Sutiyoso layak menjadi Mendagri karena mempunyai penguasaan tentang pengelolaan pemerintahan daerah dan memiliki kepemimpinan yang cakap.

"Kemampuan itu yang sangat dibutuhkan sebagai sosok Mendagri," kata Mahfudz.

Ia menjelaskan, saat ini Mendagri memiliki pekerjaan besar, yaitu mengefektifkan fungsi pemerintahan daerah dan meningkatkan pelayanan publik pemerintah daerah kepada masyarakat. Selain itu Mendagri perlu melakukan harmonisasi hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Lebih jauh, tambahnya, Mendagri saat ini harus mengefektifkan fungsi pemerintah daerah dalam pelaksanaan otonomi baru di daerah hasil pemekaran. Kemudian Mendagri harus menyelesaikan konflik perbatasan dan pulau-pulau terluar, serta menertibkan manajemen keuangan pemerintah daerah.

"Mendagri baru sangat dibutuhkan untuk melakukan sinkronisasi perda-perda dan UU dan menertibkan perda bermasalah. Sosok Sutiyoso lebih tepat untuk menggarap pekerjaan-pekerjaan besar ini," tegas Mahfudz.

No comments: