Monday, September 01, 2008

Siap Umumkan Kabinet Bayangan

Jawa Pos, Minggu, 31 Agustus 2008

JAKARTA - Setelah PDI Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga menyatakan siap mengumumkan daftar kabinet bayangannya menjelang Pilpres 2009. Hal itu dilakukan jika partai pimpinan Tifatul Sembiring tersebut kembali tergabung dalam koalisi pendukung pasangan capres-cawapres.

"Penyusunannya akan kami lakukan tahun depan," ujar Ketua DPP PKS Mahfudz Siddiq di Jakarta kemarin (30/8). Menurut dia, keputusan tersebut telah menjadi ketetapan Majelis Syura sebagai penanggung jawab manajemen penanganan pemilu.

DPP PKS, kata Mahfudz, pada 2009 nanti memang memutuskan merilis nama capres, cawapres, hingga calon-calon menteri yang duduk di kursi kabinet sebelum pilpres digelar. Alasannya, memberi ruang yang cukup kepada masyarakat untuk menilai para calon pemimpinnya.

"Kita ingin menteri-menteri diterima masyarakat juga, tidak hanya capres dan cawapres yang kami dukung," imbuh ketua Fraksi PKS di DPR RI itu. Dengan demikian, lanjut Mahfudz, publik diharapkan bisa mengukur tingkat akseptabilitas setiap calon.

Dia menyatakan, kualitas parpol pengusung juga akan terlihat dari kualitas kabinet bayangan yang diajukan. Karena itu, pengumumannya harus sebelum pemilu. "Hal itu seharusnya menjadi konsekuensi logis ketika bergabung dalam koalisi," tandasnya.

Saat ini, ungkap Mahfudz, PKS konsentrasi memaksimalkan target pemenangan legislatif 20 persen. "Itu tetap yang utama di samping pekerjaan menyiapkan susunan kabinet bayangan tersebut," ujarnya.

Menanggapi hal itu, pengamat politik senior LIPI Syamsuddin Haris menyatakan keraguannya atas motivasi parpol-parpol yang ingin mengajukan kabinet bayangan mereka masing-masing. Menurut dia, alasan memberi keleluasan informasi kepada publik hanya klise semata. "Motif kuat lainnya adalah bagi-bagi kekuasaan dan pengavlingan," ujarnya. (dyn)

No comments: