Thursday, April 26, 2007

Legislator PKS se-Indonesia Monitor Pelaksanaan UN 2007

Legislator PKS se-Indonesia Monitor Pelaksanaan UN 2007
Ramdhan Muhaimin - detikcom

Jakarta - Ujian Nasional (UN) tingkat SMU digelar Selasa, 17 April 2007. Anggota DPR dari PKS bakal memonitor ujian tersebut karena banyaknya pelanggaran yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

"Jadi mengaca pada pelaksanaan UN tahun lalu, Fraksi PKS berinisiatif melakukan pengawasan di seluruh Indonesia agar kasus-kasus tahun kemarin tidak terjadi lagi," ujar Ketua F-PKS DPR Mahfudz Siddiq dalam rilis yang diterima detikcom, Minggu (15/4/2007).

Mahfudz mengatakan, evaluasi terhadap hasil monitoring tersebut nantinya akan menjadi bahan kebijakan FPKS DPR. Sebab, menurut dia, anggota DPR masih berbeda pendapat mengenai perlu tidaknya UN dalam sistem pendidikan nasional.

"Sudah menjadi kesepakatan di Komisi X bahwa tahun 2007 ini tahun terakhir evaluasi terhadap UN, perlu atau tidaknya. Dan mulai tahun 2008 akan ditinjau ulang keberadaannya," kata Mahfudz.

Untuk melakukan monitoring tersebut, lanjut Mahfudz, seluruh anggota DPR dari PKS yang berjumlah 1.112 orang mulai dari tingkat pusat hingga kabupaten /kotamadya di seluruh Indonesia akan diterjunkan. FPKS juga membuka Pos Pengaduan UN yang dipusatkan di sekretariat FPKS di DPR.

"Semua aspek akan kami monitoring, mulai dari pengiriman bahan-bahan ujian, apakah ada kebocoran atau tidak, apakah ada manipulasi atau tidak, hingga pengumuman nasional," imbuh dia.

Monitoring tersebut, tambah Mahfudz, akan berlangsung selama pelaksanaan UN, baik di tingkat SMU maupun SMP, sejak Selasa 17 April hingga 3 pekan mendatang.

"Kami berharap dengan cara seperti itu, kami mendapat input yang komprehensif," tandasnya.(rmd/nrl)
Detik 15 April 2007


DJoko Y

No comments: