Friday, April 27, 2007

DISKUSI TATA PEMERINTAHAN YANG BAIK- City of York Ingin Belajar dari Depok

DISKUSI TATA PEMERINTAHAN YANG BAIK- City of York Ingin Belajar dari Depok
Rabu, 21/03/2007
Sindo

Tak selamanya operasional pemerintahan di Indonesia mengundang kritik. Terbukti, pemerintah daerah City Of York, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS), bermaksud belajar bagaimana menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik dengan Kota Depok.

JAKARTA (SINDO) –Hal itulah yang dibicarakan secara panjang lebar dalam diskusi yang bertajuk ’’good Governance and Public Service”. Acara ini digelar Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPR,tadi pagi,mulai pukul 10.30 WIB.

Acara tersebut dihadiri dua wali kota, yakni Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail dan Wali Kota City Of York Pennsylvania John S Brenner,Amerika Serikat (AS), dengan dipandu Deputi Country Representative The Asia Foundation Robin Bush. Acara yang dibuka Ketua FPKS Mahfudz Siddiq ini dihadiri sekitar 100 peserta dari berbagai kalangan,baik dari kalangan umum maupun pemerintahan.

Hadir juga Bupati Bekasi terpilih Sa’duddin dan sebagian besar anggota FPKS. Dalam kesempatan itu, Wali Kota City Of York John S Brenner mengatakan, permasalahan yang dihadapi kota yang dipimpinnya relatif sama seperti yang dihadapi Kota Depok, seperti masa transisi dan era industri.

’’Kami menghadapi beberapa persoalan seperti era yang berbeda serta bagaimana mewujudkan pemerintahan yang baik bagi masyarakat,’’ ujarnya.

Dia menyebutkan,pihaknya juga berkeinginan belajar dari Kota Depok yang memiliki penduduk jauh lebih banyak daripada penduduk di kotanya. Seperti diketahui, penduduk City of York mencapai 40 ribu jiwa jauh lebih sedikit daripada penduduk Kota Depok.

Selain itu, John mengatakan, tujuan utama dari pemerintahan yang dia jalankan salah satunya adalah mencapai pemerintahan yang baik. Sementara itu, Wakil Ketua FPKS Zulkifliemansyah mengatakan, diskusi ini juga menjadi forum bagi kami untuk belajar dari City of York bagaimana memberikan pelayanan publik kepada masyarakat serta pembelajaran tentang demokrasi.(eko budiono)

Djoko Y

No comments: