Thursday, June 28, 2007

Koalisi Golkar-PDIP Bikin Tersinggung Sejumlah Parpol

Koalisi Golkar-PDIP Bikin Tersinggung Sejumlah Parpol
Anwar Khumaini - detikcom

Jakarta - Pertemuan Surya Paloh dengan Taufiq Kiemas dalam acara temu kader bersama antara Partai Golkar dan PDIP pekan lalu di Medan diduga akan berujung pada koalisi kebangsaan dengan berlatar ideologi nasionalis. Namun hal ini membuat parpol lain tersinggung. Kenapa?

"Ada ketergangguan politik dari partai-partai nasionalis dan partai-partai yang mendukung NKRI. Seolah-olah hanya mereka (Golkar dan PDIP) yang nasionalis dan mendukung NKRI. Padahal kita juga," cetus Ketua Fraksi PKS Mahfudz Shiddiq.

Hal ini diungkapkan dia sebelum menghadiri pertemuan pimpinan 8 fraksi DPR di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Selasa (26/7/2007).

Meski Mahfudz tidak secara tegas menyatakan ketersinggungannya, namun pernyataanya tersebut menyiratkan kekhawatiran sejumlah parpol terutama parpol kecil. "Saat ini kita masih dalam tahap awal. Ada dua kekuatan besar yang jika dibiarkan akan menjadi tirani mayoritas," imbuhnya.

Oleh karena itu, untuk merapatkan barisan, pertemuan 8 pimpinan fraksi di DPR minus Golkar dan PDIP ini akan dilanjutkan dalam pertemuan di tingkat pimpinan partai.

"Pertemuan ini tidak ada kesepakatan-kesepakatan untuk menandingi mereka. Namun nantinya pertemuan ini akan dilanjutkan pada level partai, tidak hanya pada pimpinan fraksi saja," ujar mahfudz.

"Kita akan tetap membuka peluang untuk berkoalisi dengan parpol lain agar parpol besar tersebut tidak semena-mena," pungkas Mahfudz.
Djoko/hafiz

No comments: